Home / Breaking News

Rabu, 25 September 2019 - 05:19 WIB

BAIN HAM RI Sulawesi Selatan Minta Kapolda Sulawesi Selatan Usut pelaku kekerasan Wartawan di Makassar.

Makassar, Lintasnews5terkini.com–Kekerasan terhadap wartawan kembali terjadi saat meliput aksi mahasiswa di gedung DPRD Provinsi Sulsel, selasa (24/9/19).

Beberapa wartawan dari media online menjadi korban pada aksi yang berujung bentrok,wartawan yang menjadi korban yakni Muh Darwien (Antaranews.com), Muh Saiful Rania (Inikata.com) serta Ishak Pasibuan (Makassartoday.com). Penganiayaan wartawan diduga dilakukan oleh oknum aparat kepolisian yang berada di sekitar jembatan Fly Over Jl Urip Sumoharjo yang menjadi titik aksi para mahasiswa.

BACA JUGA :   Bersama Petani Babinsa 06/Barabai Laksanakan Pengendalian Hama Tikus

Peristiwa tersebut mengundang kecaman dan protes keras dari Lembaga Badan Advokasi Investigasi Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (BAIN HAM RI) Sulawesi Selatan

Djaya Jumain , Ketua BAIN HAM RI Sulawesi Selatan yang juga mantan Pengurus Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar dan Mantan Kordinator Advokasi Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulawesi Selatan meminta Kapolda Sulawesi Selatan mengusut tuntas kasus kekerasan yang mengakibatkan korban beberapa wartawan tersebut,

BACA JUGA :   BIKIN BISING DI JALAN,SAT LANTAS POLRES GOWA MUSNAHKAN KNALPOT RACING HASIL OPS PATUH 2020

Menurut ,Djaya Jumain, kejadian ini sebenarnya tidak perlu terjadi lagi, oknum aparat harus jeli melihat yg mana pengunjuk rasa dan mana wartawan apalagi keberadaan teman teman wartawan di lapangan saat meliput peristiwa mengunakan Id Card .

seharusnya wartawan dalam bertugas mendapatkan perlindungan hukum sebagaimana tertuang di pasal 18 dalam Undang-undang Pers No 40 tahun 1999.

BACA JUGA :   Kodim 1002/Barabai Gelar Komsos Dengan KBT

“Wartawan dalam bekerja melalui pasal 4 poin ke 3 berbunyi, untuk menjamin kemerdekaan pers, pers mempunyai hak mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi”, jelasnya.

Djaya Jumain berharap aksi kekerasan selanjutnya tidak lagi terjadi karena wartawan adalah sahabat bukan musuh ,mereka mencari berita bukan mencari masalah(Arwan)

Share :

Baca Juga

Breaking News

Awali Operasi Yustisi, Polres Gowa Gelar Apel Gabungan

Breaking News

Tingkat Kemampuan Penanganan Kondisi Darurat, Polres Gowa Gelar Pra Simulasi TFG

Breaking News

Pastikan Blower Disinfektan Dapat Berfungsih Dengan Baik, Kapolres Gowa Lakukan Uji Coba

Breaking News

Pohon Kuppang Dekat Lapangan Gelora Massa Sinjai Tumbang Timpah Lapak Pedagng Pasar Malam

Breaking News

Upaya Prajurit Posal Torobulu Mengajak Warga Melestarikan Situs Bersejarah Peninggalan Perang Dunia ke II

Breaking News

Bhabinkamtibmas Polsek Bonggakaradeng Gandeng Stakeholder Lembang Rumandan Pencanangan Kampung Tangguh Nusantara

Breaking News

Maksimalkan Pencegahan Covid-19, Kapolres Gowa Perintahkan Lakukan Operasi Yustisi Secara Massif

Breaking News

Waka Polsek Aru Iptu Leonard Siwabessy S.Sos Bersama Para Kanit Menyerahkan Bansos Polri Di Masyarakat Ujir Kepulauan Aru