oleh

Lakukan Screening Di Posko Salubarani, Satgas Cegah Covid-19 Belum Temukan Orang Yang Terdeteksi Covid-19,

TATOR, Lintasnews5terkiniBerbagai tindakan Cegah penyebaran Covid -19 masih terus dilaksanakan di Posko Salubarani, Perbatasan Tana Toraja dan Enrekang, oleh Tim Satgas Cegah Covid yang terdiri dari Tenaga Medis, aparat TNI-Polri, dan Satpol PP pada Minggu (22/03/2020).

Terpantau hingga pukul 20.15 wita, para Aparat Gabungan ini masih terus bekerja melaksanakan tugasnya cegah sebaran Covid-19 dengan melakukan screening pemeriksaan suhu tubuh dari setiap warga atau orang yang akan masuk di Kab. Tana Toraja.

Brigadir Polisi Markus Nopin, Bhabinkamtibmas Polsek Mengkendek Polres Tana Toraja yang ikut tergabung dalam Satgas cegah covid memberikan keterangan dengan menyebutkan bahwa proses screening ini dilakukan terhadap setiap orang yang akan masuk ke Kab. Tana Toraja, tanpa kecuali.

“Iya, setiap orang tanpa kecuali di screening suhu tubuhnya oleh petugas medis yang bertugas di Posko,” ucap Markus Nopin.

BACA JUGA :   Patroli Pembubaran Kerumunan dari Aparat Gabungan Dipimpin Kapolres Tator

Markus Nopin juga sebutkan bahwa sampai dihari keempat pelaksanaan tugas Satgas di Posko Salubarani, warga atau orang yang akan masuk ke Tana Toraja, dengan kesadaran sendiri, singgah di Posko untuk di screening.

“Iya, warga dengan kesadaran sendiri singgah di Posko untuk memeriksakan suhu tubuhnya, tanpa harus dipaksa paksa, ini sangat membantu proses cegah covid yang sedang diemban oleh teman teman di Satgas cegah covid Posko Salubarani,” Ujarnya.

Menurut informasi dari orang yang sudah di screening, lanjut Markus Nopin, timbulnya kesadaran warga ini lantaran sebelum mereka tiba di Tana Toraja, mereka pun sudah jalani pemeriksaan atau screening di Kabupaten lain.

Sementara itu, salah satu petugas medis yang bernama Betharia yang dikonfirmasi terkait proses screening menyebutkan bahwa warga yang diperiksa suhu tubuhnya terlebih dahulu didatakan berasal dari mana, dan tujuannya kemana, khusus untuk orang yang berasal dari luar Sulawesi Selatan, atau pernah berkunjung ke luar Sulsel sebelumnya, akan dipantau secara berkelanjutan oleh Puskesmas setempat dimana orang tersebut berdomisili.

BACA JUGA :   Tidak Kenal Hari Libur Kodim Solo Tetap Semprotan Disinfektan

Betharia juga sebutkan, bahwa suhu tubuh yang dikategorikan dalam pengawasan terpapar Covid 19 adalah suhu tubuh 38 derajat ke atas.

“Suhu panas tubuh di bawah 38 derajat, di kategorikan normal, namun pun demikian jika ada orang yang pernah berkunjung ke luar Sulsel sebelumnya, pihak puskesmas setempat akan langsung melakukan pemantauan sampai batas waktu tertentu,” Terang Betharia.

Informasi yang dihimpun dari aparat Satgas, menyebutkan bahwa sampai saat ini, belum ada warga yang terdeteksi memiliki suhu panas tubuh diangka 38 atau pun diatas angka 38, rata rata suhu panas yang terdeteksi berkisar di 35 derajat sampai dengan 36 derajat.

BACA JUGA :   Kepedulian Masyarakat Cegah Penyebaran Virus Covid 19 dengan penyemprotan Swadaya

Masih dari pantauan di posko Salubarani, usai warga di screening, selanjutnya diarahkan untuk mencuci tangan di mobil tangki penyedia air dan sabun, untuk memastikan kondisi tangan tidak terpapar Covid -19.

Tugas Satgas ini dapat dikatakan berat dan mendebarkan, pasalnya para aparat TNI, Polri dan Satpol PP yang berdiri paling depan di pintu gerbang Kab. Tana Toraja tersebut sangat rentan untuk terpapar Covid -19.

Untuk itu sangat dibutuhkan kematangan dan kewaspadaan dari para aparat satgas sendiri dalam melaksanakan tugasnya, mari kita Do’akan bersama semoga para aparat Satgas yang bertugas di garis paling terdepan cegah sebaran covid -19 ini diberikan keselamatan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, Aamiin. [Amal]

Gratis Berlangganan Berita Via WhatsApp

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA BERITA LAINNYA :