oleh

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Ratusan Personel Lantamal VI Laksanakan Rapid Diagnostik Test

Makassar,Lintasnews5terkini.com– Sebagai langkah upaya antisipasi pencegahan dini terhadap terjadinya penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Ratusan Personel Lantamal VI melaksanakan Rapid Test bertempat di pelataran parkir Driving Range Lantamal VI, Kamis (18/06/2020).

Rapid Test tersebut dilaksanakan mulai dari tanggal 16 s.d. hari ini 18 Juni 2020 dengan pemeriksaan terhadap personel yang termasuk dalam masing-masing Satuan Kerja (Satker) yang berada di Lantamal VI.

Kadiskes Lantamal VI Letkol Laut (K) Drg. Heri Herliana, SpBM., M.Tr (Opsla) menyampaikan bahwa Rapid test yang diselenggarakan ini merupakan langkah awal untuk mendeteksi penyebaran Covid-19 khususnya di kalangan para personel Lantamal VI dan keluarga serta pada masyarakat umum.

BACA JUGA :   Kapolsek Pammana Pantau Jalan Poros Wajo Bone

“Sesuai dengan arahan Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto S.I.P., dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., bahwa TNI dan khususnya TNI AL harus ikut membantu pemerintah dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 salah satunya dengan cara penapisan atau skrinning Covid-19 melalui pelaksanaan Rapid Diagnostik Test. Jika didapatkan hasil reaktif akan dilanjutkan dengan test swab/PCR untuk konfirmasi. Jika hasil swab positif maka sesuai protokol penanganan Covid-19 dilaksanakan isolasi dan melaksanakan rangkaian test swab/PCR berikutnya sampai didapatkan hasil negatif 2 kali baru dinyatakan sembuh”. Untuk tempat isolasi bagi pasien confirm positif tanpa gejala telah disiapkan di Mess Nala sedangkan untuk perawatan pasien confirm dengan gejala dilaksanakan di Rumkital Jala Ammari ujarnya.

BACA JUGA :   Sat Sabhara Polres Tana Toraja Monitor Situasi Kamtibmas Patroli Jalan Kaki Himbau Cegah Covid

“Dengan pelaksanaan Rapid Diagnostik Test massal ini diharapkan dapat membatasi atau mencegah resiko penularan dan penyebaran Covid-19 di lingkungan Lantamal VI dimana hingga saat ini Sulawesi Selatan khususnya kota Makassar masih merupakan zona merah dan menjadi Provinsi yang memiliki kasus positif Covid-19 terbesar di luar Pulau Jawa. Hingga hari ini total personil yang sudah diperiksa berjumlah 521 orang dan akan dilanjutkan sampai seluruh personel Lantamal VI yang berjumlah sekitar 1000 orang dilaksanakan Rapid Diagnostik Test”, tambahnya.

BACA JUGA :   Kapolres Tana Toraja Bertemu Dengan Stakeholder Kecamatan Sangalla Jelang Pilkada 2020

Tampak juga, Ketua Korcab VI Daerah Jalasenastri Armada II beserta para pengurus mengikuti Rapid Test tersebut.

Hadir saat pelaksanaan Rapid Test ini, Wadan Lantamal VI Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki, S.H, M.M., beserta para Asisten Danlantamal VI.(*)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA BERITA LAINNYA :