oleh

Pelimpahan Tersangka dan Barang Bukti Tindak Pidana Korupsi Ke Kejari Makale Oleh Unit Tipikor Polres Tator

TATOR, Lintasnews5terkiniUnit Tipikor Sat Reskrim Polres Tana Toraja melimpahkan tersangka dan barang bukti, tahap II, Kasus tindak pidana korupsi pada pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja Lembang ( APBL ) pemerintah Lembang To’ Pao Kec. Rembon Kab. Tana Toraja Tahun anggaran 2017-2018, ke Kejaksaan Negeri Makale, Tana Toraja pada Senin (29/06/2020).

Penyerahan Tersangka dan Barang Bukti, Tahap II, dilakukan oleh Bripka Siswanto, Brigadir Ashari Azis, Briptu Zulkifli.

“Penyerahan Tersangka dan Barang Bukti diterima oleh Jaksa Penuntut Umum Kejari Makale,” Kata Bripka Siswanto singkat.

BACA JUGA :   Ketua AJOI Sulsel Ajak Insan Pers Jaga Idealisme dan Profesionalisme

Kasat Reskrim Polres Tana Toraja AKP Jon Paerunan yang di temui hari ini, Selasa (30/06/2020) di ruang kerjanya, membenarkan perihal pelimpahan tersebut.

“Senin (29/06/2020) kemarin, penyidik unit Tipikor melimpahkan tersangka an. DP (inisial), bersama barang buktinya berupa sejumlah uang tunai sebesar Rp. 120 juta yang diduga sebagai hasil tindak pidana korupsi pada pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja Lembang ( APBL ) pemerintah Lembang To’ Pao Kec. Rembon Kab. Tana Toraja Tahun anggaran 2017-2018,” Ungkap Jon Paerunan.

BACA JUGA :   Mulai Hari Ini, 8 Pos Perbatasan Makassar Dijaga Ketat Personil Gabungan

Lebih lanjut Jon Paerunan menuturkan, kerugian Negara yang ditimbulkan akibat dari perbuatan tindak pidana yang dilakukan oleh tersangka diperkirakan sebesar Rp. 334.709.419.

“Penentuan kerugian Negara ini berdasarkan hasil audit dari auditor yang bertugas menghitung kerugian negara,” Jelasnya.

Akibat dari perbuatan tindak pidana korupsi yang merugikan Negara, Tersangka DP dijerat dengan Undang Undang RI no. 31 tahun 1999, sebagaimana diubah dengan undang undang RI no. 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, dengan ancaman pidana maksimal 15 tahun.

BACA JUGA :   Kunjungi Jala Agro Hidroponics Farm Kompleks TNI AL Lantamal VI, Ketum Jalasenastri Katakan “Mantap..!!!”

Selain dari penuntasan kasus tindak pidana korupsi yang melibatkan DP, Jon Paerunan secara lisan juga menyampaikan bahwa unit Tipikor Sat Reskrim Polres Tana Toraja akan memulai penyidikan terhadap satu kasus tindak pidana korupsi lagi.

“Soal itu akan kami sampaikan selanjutnya, jelasnya kami konfirmasi satu kasus korupsi lagi akan naik sidik, rekan rekan penyidik sudah siap mulai penyidikannya,” Pungkas Jon Paerunan. [Amal]

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA BERITA LAINNYA :