Home / Pendidikan

Rabu, 22 Juli 2020 - 14:25 WIB

Gelar Pengabdian Masyarakat, Dosen Unismuh Makassar Bimbing Anak Panti Asuhan Sejati Belajar Berkelompok

Lintas news 5 terkini.com, Makassar – Di tengah Pandemi Covid-19, dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar tetap melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satu kegiatan itu, dilaksanakan Tim Dosen Pendidikan Sosiologi Universitas Muhammadiyah Makassar, dengan menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Panti Asuhan Sejati Muhammadiyah. Kegiatan ini digelar Rabu, 22 Juli 2020 di Aula Panti Asuhan Sejati, Jl. Cakalang, Kota Makassar.

Menurut Ketua Tim, Risfaisal, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam bentuk pembimbingan pembelajaran berbasis kelompok. “Model pembelajaran berbasis kelompok menekankan pada solidaritas siswa, sehingga dapat menghindari kecenderungan siswa bersifat individualistik karena pengaruh gawai,” ungkap Dosen Pendidikan Sosiologi Unismuh Makassar ini.

Dalam pengabdian masyarakat ini, Tim Dosen Unismuh ini juga melatih pembina panti, agar dapat mendampingi proses pembelajaran kelompok.

“Selama ini kan proses pembinaan di panti sudah berjalan, kami hanya memberikan pembekalan bagi Pembina, agar dapat menerapkan model pendampingan belajar anak panti secara berkelompok,” tambah Risfaisal, yang juga alumni S2 Pendidikan Sosiologi UNM.

Tim Dosen Unismuh yang melakukan pengabdian masyarakat ini, terdiri dari Risfaisal selaku Ketua, dan tiga orang anggota, yaitu Nurdin, Lukman Ismail, dan Firdaus. Kegatan ini dibiayai oleh Lembaga Penelitian, Pengembangan, Pengabdian Masyarakat (LP3M) Unismuh Makassar.

Tahun anggaran 2020, Unismuh Makassar mendanai secara internal 138 proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan mengalokasikan dana Rp 1,7 Milyar.(*)

Share :

Baca Juga

Breaking News

Kepala SMPN 18 Makassar Apresiasi Kunjungan Komisi D DPRD Kota Makassar

Pendidikan

Baksos Kesehatan “Garuda Di Lautku” Edukasi 498 Anak Pulau Kodingareng Lompo Cara Sikat Gigi dan Mencuci Tangan

Pendidikan

Sukses Gelar Deutsch Wettbewerb, Ketua IGBJI Cabang Makassar Ucapkan Terima Kasih

News

Unik! Sebelum Masuk Kelas, SIswa SD Islam Athirah 1 Makassar Sambung Ayat

Pendidikan

Raih IPK 3.99 dan Lulus dengan Pujian, Arry AS Wisudawan Doktor Terbaik UMI