Home / News

Senin, 3 Agustus 2020 - 05:03 WIB

Kapal Perang Tangguh Penjelajah Samudera KRI Multatuli-561 Sambangi Dermaga Baru Lanal Kendari

Editor : Jaka akbar

LintasNews5Terkini.com, KENDARIKRI Multatuli – 561 kapal tertua kedua yang dimiliki TNI AL setelah KRI Dewaruci dan sudah berpengalaman dan teruji menjalajahi samudera sambangi dermaga baru Mako Lanal Kendari dalam rangka bekal ulang dan reparasi. Senin, (03/08/2020).

Kapal yang dibuat pada tahun 1961 di galangan Ishikawajima Harima, Tokyo, Jepang pada awalnya adalah kapal jenis tender kapal selam, namun seiring perkembangan jaman dialih fungsikan sebagai Kapal Markas Apung.
.
KRI Multatuli – 561 mempunyai berat dengan muatan penuh 6.741 ton, serta muatan kosong 3.220 ton. Dimensi kapal ini 111,35 x 16 x 6,98 meter, dan ditenagai 1 mesin diesel barmeister & wain – 1 shaft dengan 5500 bhp. Kecepatan maksimumnya 18,5 knot atau setara 34 km per jam. Kapal yang masuk dalam jajaran Satuan kapal Ampibi Komado Armada II ini diawaki oleh 96 personel, dan di komandani oleh Letkol Laut (P) Djawara H.T. Whimbo A. yang merupakan Perwira Lulusan Akademi Angkatan Laut tahun 1998.
.
Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia S.Sos., mengatakan bahwa KRI Multatuli – 561 yang sedang melaksanakan Operasi di bawah kendali operasi Guskamla Koarmada III dan menjadi kapal markas. Dalam pelayaran ini onboard Komandan Guskamla Koarmada III Laksma TNI Taat Siswo Sunarto, S.E., M.Si. KRI Multatuli – 561 sandar di Kendari dalam rangka bekal ulang air tawar dan melaksanakan beberapa perbaikan sebelum melanjutkan operasi di Perairan Indonesia wilayah timur.

BACA JUGA :   Gowes Bareng, Cara Personil Polres Gowa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Hal ini merupakan tugas pokok Lanal Kendari dalam Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang terdiri dari KRI, Marinir, Pesawat Udara, dan Pangkalan ) yaitu sebagai pangkalan dengan fungsi 5 R ( Rebased, Refuelling, Replenishment, Repair dan Rest serta Recreation ) bagi unsur-unsur TNI AL yang beroperasi di wilayah kerja Lanal Kendari(*)

Share :

Baca Juga

News

Polres Gowa Lakukan Pengisian Kuesioner Internal ITK-O Polri Lingkup Polres Gowa

News

Kapolres Simalungun Beri Bantuan Tambahan Modal Usaha ke UMKM, Menjadi Semangat Untuk Tetap Berdagang di Masa Pandemi

News

PNS TNI AL Lantamal VI Ikuti Olahraga Bersama HUT Ke-48 KORPRI di Rindam XIV Hasanuddin

News

Ini Kronogi Diamankannya 12 Tersangka pengrusakan Kapal Penyedot Pasir Queen Of Netherland Oleh Aparat Polairud Polda Sulsel

Makassar

Advokasi Nelayan , BAIN HAM RI Mandatkan Tokoh Nelayan Ketua BAIN HAM RI Pangkep

News

Danlantamal VI Terima Kunjungan Kanwil Bank BTN Sulsel dan Kancab Bank BTN Kota Makassar

News

Kreativitas Korcab VI Daerah Jalasenastri Armada II Buat Masker Cegah Penularan Covid-19

News

INGAT MULAI TANGGAL 23 JULI 2020, SAT LANTAS POLRES GOWA GELAR OPERASI PATUH 2020