Home / News

Kamis, 6 Agustus 2020 - 03:29 WIB

Uji Nyali Peserta Penataran Kader Belneg Melaksanakan Caraka Malam

Lintas news 5Terkini, BARABAI-Sebanyak 35 peserta Penataran Kader Belneg (Bela Negara) tahun 2020 Kodim 1002/Barabai mengikuti kegiatan Caraka Malam.Rabu (05/8) malam.

Caraka malam mengambil route start di Aula Sapta Marga Kodim 1002/Barabai- jalan Padawangan – jalan Bintara – jalan Antasari – jalan Kartini – jalan Padawangan dan kembali ke Makodim 1002/Barabai,”terang Kapten Inf Moh.Alip Suroso selaku koordinator materi.

Lebih lanjut Kapten Inf Moh.Alip Suroso menuturkan bahwa kegiatan caraka malam ini untuk menguji nyali para peserta sambil membawa pesan untuk di sampaikan kepada pembina saat Finish yang sebelumnya melewati beberapa pos.”imbuhnya.

BACA JUGA :   Polda Banten Kirimkan Bantuan Untuk Korban Gempa di Mamuju

Caraka malam sendiri adalah suatu teknik komunikasi yang digunakan oleh tentara di jaman dulu untuk kompilasi teknologi seperti telepon, sms, dan internet belum ada saat ini. Di mana tentara memberikan pesan oleh atasannya dan pesan tersebut harus disampaikan kepada tujuan dengan bantuan, halangannya, dan tantangannya. Pesan tersebut sangat rahasia dan tidak boleh dibocorkan kepada seseorang.”tuturnya.

BACA JUGA :   Polri akan Tindak Tegas Penyebar Hoaks Terkait Vaksinasi Covid-19

Selain itu dengan tidak menghilangkan makna dari kegiatan Caraka Malam, pada setiap pos peserta digali pengetahuannya tentang Bela Negara seperti tentang Tes Cinta Tanah Air, Kesadaaran Berbangsa dan Bernegara, Yakin Pancasila sebagai Ideologi Negara, dan Rela Berkorban demi Bangsa dan Negara. Peserta tidak diperbolehkan untuk melanjutkan perjalanan jika tidak dapat menjawab pertanyaan yang diberikan tim Bela Negara yang dapat diterima di masing-masing pos. Peserta juga akan diumumkan jatuh jika membocorkan misi rahasia sebelum sampai pada pos terakhir.

BACA JUGA :   Oji AMS Banten : Komjen Listyo Pantas Jadi Kapolri, Kami Mendukung Beliau

Dengan keberadaan kegiatan Caraka Malam ini selain untuk membentuk jiwa-jiwa yang mandiri, pemberani dan dapat menanamkan loyalitas terhadap Bangsa dan Negara sebagai bentuk Bela Negara.”tegas Kapten Inf Moh Alip Suroso.(pendim1002).

Share :

Baca Juga

News

Pelaksanaan Operasi Zebra 2020, Polres Tana Toraja Kedepankan Aspek Sosialisasi dan Himbauan Pencegahan Covid 19

News

Presiden Jokowi : Vaksin Covid-19 Gratis Untuk Seluruh Masyarakat Indonesia

News

Buka, Pra Rekap DPT Pilkada Serentak 2020 Ketua KPU Selayar, Sebut, Akurasi Data Luar Biasa Urgent

News

Dengan Berjalan Kaki, Tim Operasi Yustisi Sambangi Tempat Umum

News

Siap Amankan Pilkada Serentak 2020 Polres Gowa Gelar Apel Perlengkapan

News

Kapal Bermanuver Lincah KAL Mamuju II-6-64 Siap Kawal Kunker Menteri Kelautan Dan Perikanan Ke Pulau Bala-Balakang

News

Panit 2 Reskrim Polsek Medan Helvetia Pimpin Apel Perdana Masuk Kerja Setelah Lebaran 1441 H Tahun 2020 M Tetap Jaga Kesehatan

News

Wakapolres Gowa Hadiri Rapat Paripurna Tentang Wajib Masker dan Penerapan Protokol Kesehatan Di DPRD Kab Gowa