Home / Nasional / Pendidikan

Selasa, 1 Desember 2020 - 22:30 WIB

Uu Ruzhanul Minta Santri Kuasai Teknologi Digital

Lintas news 5 Terkini.com / Kota Bandung | Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, para santri khususnya santri salafiyah (yang mempelajari kitab kuning) harus mampu menguasai teknologi digital.

Menurut Kang Uu, banyak program-program pemerintah yang tidak sampai kepada santri akibat kurang paham terkait teknologi digital.

“Sebagai pemerintah, kami merasakan saat program-program berawal secara daring (online), banyak pesantren yang diharapkan mendapatkan program ini malah tidak kebagian, alasannya tidak memahami bagaimana caranya (mengakses program online),” ucap Kang Uu.

BACA JUGA :   Calon Tunggal Kapolri Pilihan Jokowi, Ini Deretan Kasus Besar Yang Diungkap Listyo Sigit Prabowo di Bareskrim

Selain itu, ia mencontohkan, program beasiswa khusus santri dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kurang terserap oleh santri-santri salafiyah di Jabar. Alasannya, kata Kang Uu, adalah kurangnya pemahaman santri tentang teknologi digital.

“Bahkan sekarang ada program beasiswa dari BAZNAS untuk para santri salafiyah, sampai sekarang masih belum banyak peserta, belum antusias. Padahal itu kan sebuah program yang sangat luar biasa untuk para santri salafiyah,” kata sosok yang juga Panglima Santri Jabar ini.

BACA JUGA :   Punya Hubungan Baik Semua Kalangan, Buya Syafii Maarif Ucapkan Selamat Kepada Listyo Sigit

Kang Uu pun menjelaskan, pemahaman terkait teknologi digital bagi para santri penting dalam hal berdakwah.

Menurutnya, dengan dakwah digital, para santri tak lagi harus mengumpulkan jamaah untuk belajar agama. Dakwah digital juga akan mampu menjangkau lebih banyak jamaah di saat yang bersamaan, terutama di masa pandemi COVID-19.

“Kalau santri sudah memahami tentang digital, mereka dakwah tidak usah mendatangkan jamaah banyak. Dengan dakwah digital, semuanya bisa tersalurkan, bahkan bisa lebih banyak lagi (jamaah yang mengikuti dakwah lewat digital),” tutur Kang Uu.

BACA JUGA :   Gempa Berkekuatan Magnitudo Guncang Wilayah Majene Sulbar, Getarannya Dirasakan Warga Pare-Pare Sulsel

Untuk itu, Kang Uu berharap agar para santri tidak hanya memperdalam ilmu keagamaan dan keterampilan membaca kitab kuning, tetapi juga mengasah kemampuan di bidang teknologi digital. Sehingga, selain untuk mengakses program pemerintah secara online, para santri di Jabar diharapkan mampu memanfaatkan ilmu agama sekaligus teknologi digital untuk dakwah digital. (FT)

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Baksos Kesehatan “Garuda Di Lautku” Edukasi 498 Anak Pulau Kodingareng Lompo Cara Sikat Gigi dan Mencuci Tangan

Jakarta

Tanda Tangani Kerja Sama Polri-BKPM, Kabaharkam: Bukti Komitmen Polri Jamin Keamanan Berinvestasi

Nasional

Pesan Kapolri Buat 8 Kapolda Yang Baru Dilantik: Netralitas Hingga Tegakan Prokes

Nasional

Kabaharkam Polri Beri Pembekalan di Apel Kasatwil 2020, Ini yang Disampaikan

Nasional

Di Back Up TNI dan Tim Terbaik Polri, Kapolda Sulteng Berkantor di Poso Buru Kelompok MIT

kegiatan

Momentum Hari Sumpah Pemuda, Tanamkan Nilai Kejuangan Satuan Yonif 725/Wrg Gelar Nobar Bersama Masyarakat

Breaking News

Bertugas sebagai Pejuang Kemanusiaan, Polres Gowa Beri Himbaun Dukung Pemerintah Cegah Virus Corona

Breaking News

Tim Satgas Covid-19 Lantamal VI Laksanakan Promkes Keliling Rumah-Rumah Warga Komplek TNI AL