Kemendagri Kembali Gelar Pembekalan bagi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah

  • Whatsapp

Lintasnews5terkini.com | Jakarta – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kembali menggelar kegiatan Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri bagi Bupati/Wakil Bupati, Wali Kota/Wakil Wali Kota Tahun 2021, Selasa (26/10/2021). Kegiatan yang dilakukan secara tatap maya ini akan berlangsung selama tiga hari.

Dalam sambutannya, Kepala BPSDM Kemendagri Teguh Setyabudi mengatakan, dalam pembelajaran tatap maya tahap 2 ini para kepala daerah dan wakil kepala daerah akan menerima materi dari berbagai Kementerian/Lembaga. “Agar pengetahuan, wawasan, dan keterampilan yang diperoleh dalam pembekalan menjadi semakin komprehensif,” ujar Teguh.

Bacaan Lainnya

Teguh menekankan, BPSDM Kemendagri memiliki peran strategis dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalisme kepala daerah. Untuk itu, sebagai upaya mengawal penyelenggaraan pemerintahan daerah agar berjalan efektif dan efisien dalam mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat, para kepala daerah dan wakil kepala daerah perlu dibekali dengan pengetahuan, wawasan, keterampilan, dan sikap mental yang dibutuhkan dalam pelaksanaan tugas dan perannya.

Adapun muatan yang disampaikan dalam kegiatan ini mencakup demokrasi dan kebangsaan Indonesia, sistem pemerintahan nasional dan daerah, kepemimpinan dan etika, pencegahan dan pemberantasan korupsi, serta isu-isu aktual terkait penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Dengan beragamnya materi yang disajikan, diharapkan para kepala daerah bersama wakil dapat menjalankan amanah konstitusional. “(Khususnya) dalam menjalankan amanah rakyat dalam membangun daerah menuju masyarakat yang adil dan sejahtera,” kata Teguh.

Pada pembekalan kali ini, para kepala daerah dan wakilnya akan mengikuti rangkaian pembelajaran yang cukup panjang, di antaranya pembelajaran tatap maya tahap pertama selama 5 hari. Adapun materinya yakni seputar subtansi Kemendagri, pemaparan dari KPK RI, dan best practice. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penyusunan Rencana Aksi Kepala Daerah tentang Pengembangan Sumber Daya Manusia, yang nantinya akan dipaparkan di hadapan Pembahas. Tahapan terakhir dari rangkaian ini adalah pembelajaran tatap maya tahap kedua selama 3 hari.

Sebagai informasi, kepala daerah yang mengikuti pembelajaran tatap maya tahap kedua terdiri dari peserta Gelombang III dan IV sebanyak 192 orang. Rinciannya, sebanyak 133 orang Bupati/Wali Kota dan Wakil Bupati/Wakil Wali Kota yang baru pertama kali terpilih dan 59 orang Bupati/Wali Kota dan Wakil Bupati/Wakil Wali Kota petahana. Seperti diketahui, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020 telah menghasilkan 522 Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Wali Kota pada 261 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Mengingat pembelajaran dilakukan dengan metode virtual synchronous learning/tatap maya melalui media video conference (zoom), BPSDM Kemendagri pun menyediakan infrastruktur TIK dan ruang khusus pembelajaran virtual dengan dukungan bandwith internet yang memadai.

Berikut pemateri yang akan mengisi kegiatan pembekalan kali ini:
1. Selasa, 26 Oktober 2021
a. Menteri Pertahanan RI dengan materi Kewaspadaan Nasional
b. Kepala BNPB dengan materi Pencegahan dan Penanganan Pandemi Covid-19
c. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dengan materi Kebijakan PEN
d. Menteri Koperasi dan UKM dengan materi Kewirausahaan

2. Rabu, 27 Oktober 2021
a. Menteri Kesehatan dengan materi Pencegahan dan Penanganan Pandemi Covid-19
b. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dengan materi Implementasi UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja
c. Menteri Keuangan dengan materi Sinergi Pengelolaan Keuangan Negara dan Daerah di Masa Pandemi Covid-19
d. Menteri Koordinator Bidang Polhukam dengan materi Stabilitas Politik dan Supremasi Hukum di Lingkungan Pemda
e. Menteri Pertanian dengan materi Kebijakan Penguatan Ketahanan Pangan Rakyat di Masa Pandemi Covid-19

3. Kamis, 28 Oktober 2021
a. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan materi Pariwisata dan Ekonomi
b. Menteri PPN/Kepala Bappenas dengan materi Kebijakan Perencanaan Pembangunan Nasional
c. Kepala BKKBN dengan materi Pencegahan dan Penanganan Stunting
d. Ketum KADIN dengan materi Peran Kemitraan Swasta dalam Pembangunan Nasional dan Daerah

Sumber : Puspen Kemendagri

TEKS BERJALAN BOLD Menerima Iklan Hubungi, WhatsApp, 085242507911, 082153582822, 085757637008

Pos terkait

TEKS BERJALAN BOLD Alamat Redaksi: Jln. Bandang 2 No. 11, Kelurahan Parang Layang, Kec. Bontoala, Jln. Adipura 2 No. 8 Kelurahan Tammua, Kec. Tallo, Jln. Ade Irma 6 No. 44, Kelurahan Wala’Walayya, Kec. Tallo Kota Makassar WhatsApp, 085242507911, 082153582822, 085757637008

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *