Wamendes Paiman: Metaverse Jadi Terobosan Baru Kenalkan Wisata Desa ke Dunia

Magelang, Lintasnews5terkini.com – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi menyebut metaverse sebagai inovasi sekaligus terobosan baru yang bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan potensi desa ke ranah yang lebih luas. Di antaranya adalah dimanfaatkan untuk memperkenalkan wisata di bawah naungan BUMDesa seperti yang ada di area Borobudur untuk diketahui masyarakat dunia.

“Ini adalah sebuah terobosan mengembangkan BUMDesa. Kita bisa mengemas wisata di desa menjadi terkenal di Indonesia bahkan dunia. Bisa dengan dijadikan 1 seperti film sehingga orang bisa memanfaatkan dengan kacamata dimensi,” kata Wamendes Paiman usai pembukaan Tasyakuran Launching Metaverse Manunggal Jaya Kabupaten Magelang, Selasa (30/4/2024).

Metaverse adalah konsep yang memanfaatkan alat-alat canggih di antaranya kacamata dimensi dalam hal ini untuk melihat ruang-ruang dengan jangkauan luas. Menurut Wamendes, konsep ini bisa mendatangkan dua keuntungan baik dari sisi alat maupun wisata yang ingin diperkenalkan pada dunia.

Bacaan Lainnya

“Wisatanya terkenal kacamatanya juga lakukan. Dari sisi keuntungan dari kacamata dan orang mengenal wisatanya kalau pakai alat ini. Bisa diceritakan karena sudah melihat dari alat canggih ini,” tuturnya.

Sekadar informasi, launching metaverse ini adalah sebuah awalan yang diharapkan dapat dilanjutkan dengan berbagai inovasi dari kolaborasi antarpihak. Hal ini melibatkan instansi pemerintahan, lembaga pendidikan, swasta, juga desa yang diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai perannya.

Selain membuka Launching Metaverse Manunggal Jaya, Wamendes juga meninjau secara langsung produk-produk BUMDesa yang dihasilkan masyarakat setempat. Wamendes Paiman secara langsung mempromosikan setiap produk yang ada melalui video.

Mendampingi Wamendes dalam kegiatan tersebut yakni Dirjen PEID Harlina Sulistyorini dan Direktur Perencanaan Teknis Pengembangan Ekonomi dan Investasi Adityawarman Darudono. Selain itu hadir pula PJ Bupati Magelang Sepyo Achanto, Ketua DPRD Kabupaten Magelang Saryan Adiyanto, Komandan Komando Distrik Militer 0705 Magelang Jarot Susanto, Kepala Kepolisian Resort Kabupaten Magelang Kombespol Mustofa, Vice President of Social Entrepreneurship & Incubation Division BRI Evi Sulistyowati, dan Branch Office Manager BRI Kabupaten Magelang E.Y. Candra Wiyana. (*)

Catatan Redaksi : Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: lintaslimaterkini@gmail.com Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *