Duta Baca Sulawesi Selatan 2023, Ramlah Rara, Sukses Melaksanakan Jappa Jappa (Safari Literasi) Pembudayaan Gemar Membaca dan Belajar Menulis Buku di SMP Negeri 1 Tompobulu

Gowa,lintasnews5terkini- Duta Baca Sulawesi Selatan 2023, Ramlah Rara, berhasil menggelar kegiatan Jappa Jappa Literasi di SMP Negeri 1 Tompobulu, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa. Acara yang berlangsung pada 20 Juni 2024 ini merupakan bagian dari upaya rutin Ramlah dalam mempromosikan budaya membaca dan menulis buku.

Jappa Jappa Literasi adalah program yang dijalankan Ramlah Rara sebagai inspirator, penggerak, relawan, dan motivator di Sulawesi Selatan. Dalam kegiatan kali ini, Ramlah berkolaborasi dengan Duta Baca Kecamatan Tompobulu, Komunitas Pintu Literasi, serta seorang finalis Duta Baca Sulawesi Selatan 2023 yang juga mengajar di SMP Negeri 1 Tompobulu. Sebagai pendiri Komunitas Pintu Literasi dan pemuda asli Kecamatan Tompobulu, Ramlah merasa memiliki tanggung jawab moral untuk menggerakkan pemuda dan komunitas di daerah asalnya.

Selama kegiatan, Ramlah Rara bersama Natasya Putri (Duta Baca Kecamatan Tompobulu) dan Nurul Islamiah, S.Pd (pendiri Komunitas Pintu Literasi serta finalis Duta Baca Sulawesi Selatan 2023), memberikan motivasi dan arahan kepada siswa. Mereka juga mengajak para siswa untuk menulis antologi buku dengan tema “Aku dan Mimpiku”. Buku ini nantinya akan diterbitkan dan diharapkan dapat menginspirasi generasi muda, terutama para penulisnya yang menuliskan mimpi mereka beberapa tahun ke depan.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan Jappa Jappa Literasi ini saya laksanakan dengan kegiatan dan praktek menulis buku sekaligus sebagai upaya belajar dan mengajarkan adik-adik untuk mencintai dan melestarikan buku. Semoga ini menjadi awal yang baik dan memberikan dampak positif,” ujar Ramlah Rara.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Tompobulu, Bapak Sulkifli, S.Pd., M.Pd, menyambut hangat kedatangan Ramlah Rara. “Terima kasih atas kunjungannya di sekolah kami. Jangan pernah berhenti untuk menularkan kebaikan, salam literasi. Sehat dan sukses selalu dalam berdampak dan bergerak untuk generasi muda di Gowa dan Sulawesi Selatan,” katanya.

Kegiatan dimulai dengan sesi berbagi tentang meraih mimpi dan dilanjutkan dengan praktek langsung menulis buku yang nantinya akan diterbitkan. Natasya Putri, alumni SMP Negeri 1 Tompobulu yang kini bersekolah di SMA Negeri 7 Gowa, memberikan pesan kepada adik-adiknya. “Adik-adik, penting sekali untuk berproses dan berorganisasi. Saya aktif di OSIS, Pramuka sejak SMP hingga sekarang, dan saat ini bergabung di Pintu Literasi dan Duta Baca Kecamatan Tompobulu. Hal ini luar biasa dan membawa saya hingga bisa menerbitkan buku dan berprestasi di sekolah,” tuturnya.

Guru SMP Negeri 1 Tompobulu sekaligus pendiri Komunitas Pintu Literasi, Ibu Nurul Islamiah, S.Pd, menutup kegiatan dengan ucapan terima kasih. “Saya ucapkan banyak terima kasih atas kunjungan Duta Baca Sulawesi Selatan 2023 di sekolah kami. Semoga kedatangan Duta Baca Sulawesi Selatan ini membuat para peserta didik selalu antusias mengembangkan literasi mereka, khususnya menulis buku.”

Jappa Jappa Literasi memberikan banyak inspirasi dan pelajaran bagi Ramlah Rara. Kegiatan ini mengisi kembali semangatnya untuk mengunjungi 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan, terutama Kabupaten Gowa sebagai daerah asalnya.

Harapan besar Ramlah adalah mampu mengunjungi semua pelosok daerah yang membutuhkan penggerak literasi dan berkolaborasi dengan penggerak literasi serta pemangku kebijakan. Melalui gerakan kecil literasi, kegiatan ini diharapkan dapat menjaga keberlanjutan gerakan literasi dan terus menyemangati satu sama lain.

Catatan Redaksi : Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: lintaslimaterkini@gmail.com Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *