Dinsos Gowa Pastikan Penyaluran Bantuan Tanggap Darurat untuk Korban Bencana Merata

GOWA – lintasnews5terkini, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Gowa melalui Taruna Siaga Bencana (TAGANA) masih terus aktif menyalurkan bantuan bagi masyarakat terdampak bencana angin puting beliung yang terjadi pada 15 Oktober 2024 lalu. Hingga 18 Oktober, laporan terkait korban bencana masih terus berdatangan, dan kegiatan penyaluran bantuan darurat terus berlanjut tanpa batas waktu yang ditentukan.

Dalam tiga hari terakhir, tepatnya dari 16 hingga 18 Oktober 2024, sebanyak 48 rumah di Kecamatan Pallangga telah menerima bantuan sosial. Bantuan tersebut tersebar di tujuh desa/kelurahan, yakni Desa Pallangga, Desa Panakkukang, Desa Bontoramba, Desa Bungaejaya, Desa Kampili, Desa Jukukayan, dan Kelurahan Parangbanoa.

Bantuan yang disalurkan berupa makanan siap saji, kasur dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI, makanan anak-anak, peralatan makan (kids ware), paket keluarga (family kit), dan tenda. Seluruh bantuan tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kemensos RI.

Selain Dinsos Gowa dan TAGANA, penyaluran bantuan ini juga melibatkan mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar yang sedang menjalani Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Rahmatia, salah satu korban bencana, menyampaikan rasa syukurnya atas bantuan yang diberikan. “Terima kasih banyak bapak/ibu sudah datang ke rumah saya, kondisinya seperti ini, atap rumah rusak,” ujarnya pada 17 Oktober 2024.

Ungkapan serupa disampaikan oleh Haris Dg Nyengka, korban lain yang turut menerima bantuan. “Terima kasih banyak kepada Dinas Sosial, mereka langsung membawa bantuan ke sini,” ucapnya pada 18 Oktober 2024.

Dian, mahasiswa PKL yang ikut serta dalam kegiatan tersebut, juga mengungkapkan kebahagiaannya bisa terlibat dalam aksi kemanusiaan ini. “Saya senang ikut kegiatan seperti ini, bangga dengan jurusan saya yang nantinya akan turun langsung ke masyarakat untuk mengimplementasikan ilmu yang saya dapat di kampus,” tuturnya dari atas bak mobil kemensos.

Kepala Bidang Lingkungan dan Sosial Dinsos Gowa, Andi Baso S.Sos, M.Si, menegaskan bahwa pihaknya akan terus menyalurkan bantuan hingga seluruh korban menerima bantuan secara merata. “Kami akan menyasar semua korban yang ada, meskipun informasi yang kami terima terlambat, mereka tetap berhak menerima bantuan,” jelasnya.

Andi Baso juga menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam aksi ini, khususnya TAGANA dan mahasiswa PKL. “Terima kasih kepada seluruh tim TAGANA dan mahasiswa PKL yang telah berjuang bersama dalam kegiatan ini. Semoga kita selalu diberi kekuatan dan kesehatan untuk terus memberikan bantuan kepada yang membutuhkan,” tutupnya.

Bacaan Lainnya

 

Citizen Reporter: Jihan Pratiwi

Catatan Redaksi : Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: lintaslimaterkini@gmail.com Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *