Mahasiswa KKN UINAM Angkatan 75 Laksanakan Sosialisasi Stop Bullying di Desa Tarembang

Oplus_131072

Takalar – lintasnews5terkini-, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) angkatan 75 menggelar kegiatan sosialisasi stop bullying di Desa Tarembang, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Kegiatan yang berlangsung pada saat Jum’at 30 Agustus 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama anak-anak, tentang bahaya bullying serta cara menghadapinya.

Kegiatan ini diselenggarakan di halaman rumah imam desa dengan dihadiri oleh masyarakat terutama anak anak. Dalam sosialisasi ini, mahasiswa KKN berperan sebagai fasilitator yang memberikan pemahaman mengenai dampak negatif bullying baik dari segi fisik maupun psikologis.

Anggota Kelompok KKN UINAM angkatan 75, Suci Rahmi dalam penyampaiannya menekankan pentingnya sosialisasi stop bullying di lingkungan sekolah maupun masyarakat. “Bullying adalah tindakan kekerasan yang bisa menyebabkan dampak jangka panjang pada korban, seperti rasa takut, rendah diri, bahkan depresi. Kami ingin mengajak semua pihak, agar dapat mencegah terjadinya bullying,” ujarnya.

Sosialisasi ini tidak hanya berisi ceramah, tetapi juga diisi dengan berbagai aktivitas interaktif seperti permainan, diskusi kelompok, dan simulasi. Mahasiswa KKN menggunakan pendekatan yang ramah anak untuk memastikan peserta dapat memahami materi dengan baik.

Salah satu mahasiswa KKN, Magfira menjelaskan bahwa dalam kegiatan tersebut, peserta diajarkan tentang berbagai jenis bullying, termasuk bullying fisik, verbal, sosial, dan cyberbullying. “Kami juga memberikan contoh-contoh nyata dari bullying yang sering terjadi di lingkungan sekolah, serta bagaimana cara untuk menghadapinya. Selain itu, kami mengajarkan pentingnya berani berbicara dan melaporkan jika menjadi korban atau menyaksikan tindakan bullying,” ungkap Magfira.

Salah satu peserta, Nayla, siswa kelas 4 SD, mengaku mendapatkan banyak pelajaran dari kegiatan ini. “Sekarang saya tahu bahwa kalau ada teman yang berbuat jahat atau mengejek, itu namanya bullying, dan kita harus melaporkannya ke guru atau orang tua,” ujarnya dengan antusias.

Kegiatan sosialisasi stop bullying ini diakhiri dengan menyanyikan lagu yang mengandung unsur ajakan perbanyak teman dan stop bermusuhan. Mahasiswa KKN juga menyerahkan beberapa poster panduan kepada anak anak di desa sebagai bahan referensi dan alat bantu untuk terus mengedukasi siswa tentang pentingnya mencegah bullying.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan Desa Tarembang dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam upaya menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi semua anak.

Bacaan Lainnya
Catatan Redaksi : Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: lintaslimaterkini@gmail.com Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *