Pelindo Regional 2 Siap Layani Pemudik Lebaran, Melalui Enam Terminal Penumpang

Jakarta, Lintasnews5terkini.com – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 siap memberikan pelayanan terbaik bagi para pemudik yang ingin melakukan penyeberangan dari dan antar pulau dengan moda transportasi laut melalui pelabuhan terminal penumpang yang dimiliki.

Dalam melayani penyeberangan penumpang via laut, terdapat 6 pelabuhan penyeberangan yang terdapat di cabang pelabuhan dari 12 cabang pelabuhan yang dimiliki Pelindo Regional 2. Enam cabang pelabuhan tersebut diantaranya :

  • Pelindo Regional 2 Tanjung Priok.
  • Pelindo Regional 2 Tanjung Pandan.
  • Pelindo Regional 2 Teluk Bayur.
  • Pelindo Regional 2 Palembang.
  • Pelindo Regional 2 Pontianak.
  • Pelindo Regional 2 Pangkalbalam.

Executive Director 2 Pelindo, Drajat Sulistyo mengatakan bahwa dalam upaya mengantisipasi meningkatnya arus penumpang mudik lebaran tahun 2024 sebesar 4,37 % dibandingkan dengan tahun 2022, berbagai fasilitas terminal penumpang sudah dipersiapkan mulai dari petunjuk arah, lahan parkir kendaraan, ruang tunggu penumpang, ruang Laktasi, toilet, fasilitas ibadah, sarana penunjang bagi yang berkebutuhan khusus.

Bacaan Lainnya

“Petugas keamanan dengan pola 24/7, hingga layanan informasi berupa Posko Terpadu Angkutan Laut Lebaran yang didirikan bersama dengan stakeholder kepelabuhanan sebagaimana Instruksi Dirjen No: IR-DJPL 2 Tahun 2024 tentang Penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2024 (1445 H),” kata Drajat.

Drajat menambahkan, dalam upaya memberikan pelayanan terbaik bagi para pemudik diantaranya adalah sudah direnovasinya terminal penumpang Pelabuhan Boom Baru di Palembang yang diresmikan oleh (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Agus Fatoni (19/12/2023), serta sudah siapnya Pelabuhan Ciwandan Banten untuk memfasilitasi pemudik menyeberang ke pulau Sumatera mulai 3 April 2024 hingga 9 April 2024.

“Tujuan difungsikannya Pelabuhan Ciwandan ini untuk mengurangi kepadatan antrean di Pelabuhan Merak-Bakaheuni, dimana nantinya akan dikhususkan untuk melayani kendaraan roda dua dan truck (Golongan VIb dan Golongan VII), dengan fasilitas area lapangan parkir (buffer area) untuk motor seluas 7.000 meter persegi dengan kapasitas 2.000 unit dan area lapangan truck seluas 2,5 hektare dengan kapasitas 200 unit sebagai upaya untuk mendukung kelancaran arus mudik di tahun ini,” urai Drajat.

Tidak lupa Drajat mengingatkan kepada cabang pelabuhan agar selalu berkoordinasi dan sinergi dengan seluruh stakeholder serta operator kepelabuhanan.

“Tetap berkoordinasi dengan baik, untuk memberikan informasi seputar kegiatan arus mudik lebaran dalam upaya mendukung suksesnya angkutan laut lebaran tahun 2024 (1445 H) dengan baik, lancar dan aman, sehingga selaras dengan tema mudik lebaran tahun 2024 “Mudik Ceria Penuh Makna”, pungkas Drajat. (*)

Catatan Redaksi : Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: lintaslimaterkini@gmail.com Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *