Perpustakaan Holistik Salassa Desa Pasui Berbasis Digitalisasi Pertama Di Kabupaten Enrekang.

Lintasnews5terkini.Com Enrekang Fungsi utama Perpustakaan Desa sebagai lembaga penyedia layanan bahan pustaka dan informasi kepada masyarakat untuk kepentingan pendidikan,informasi,penerangan dan rekreasi.

Desa Pasui belum lama ini melounching Perpustakaan Holistik Salassa di Makasar perpustakaan tersebut pertama di Enrekang untuk kalangan Desa layanan perpustakaan nya berbasis digital menggunakan sistem online sehingga memudahkan masyarakat mencari informasi yang dia butuhkan .

Menurut Kades’ Pasui Abdul Jasim Ishak kepada Wartawan Rabu 2/8/2023
Salah satu program Desa Pasui adalah pembangunan perpustakaan Desa yang konek dengan IT sebagai Library Literasi dipadukan berbagai judul buku ‘nah Desa Pasui memiliki 2000 eksampelar buku yang menyangkut pertanian,ekonomi,serta buku bacaan anak-anak
Terlihat animo. masyarakat dengan keberadaan perpustakaan desa cukup tinggi apalagi bagi anak sekolah.kita sudah kerjasama dengan semua sekolah yang ada di Desa PasuI ‘paparnya

Dengan di lengkapi sarana dan prasarana perpustakaan yang nyaman untuk masyarakat. mereka mau mencari informasi tidak perlu membaca buku lagi .buka saja di geogel bacaan apa yang dia butuhkan akan terkoneksi dan hal ini sangat memudahkan bagi pelajar dan masyarakat umum, ungkapnya

Alokasi anggaran. Yang di pakai Desa PasuI untuk pengembangan perpustakaan dua kali penganggaran yakni tahun 2020 75 juta dan 2023 30 juta via Dana Desa .

Lanjut Kades’pelayanan administrasi Desa kita akan terapkan lewat digital dimana Desa PasuI Punya akun tersendiri yang konek dengan OPD terkait . seperti dalam hal pengurusan KTP,KK, surat keterangan nikah, akta kelahiran,pengurusan BPJS semua bisa di akses via online dan masyarakat jika butuh hal itu tidak perlu repot ke kantor desa di mana saja mereka bisa daftar kan secara online inilah salah satu tujuan kita ‘mempermudah pelayanan administrasi kependudukan ‘paparnya gamblang.
Dia pun menambahkan apalagi kecamatan Buntu Batu jauh dari kota ‘
Selain itu kata Abdul Jasim’program unggulan kita yang sementara berjalan di bidang usaha Kopi ,Pasui punya komuditi Unggulan nah kopi ini yang mau kita kembangkan ,di perkenalkan ke publik melalui perpustakaan desa kopi khas Pasui di kenalkan baik lokal.maupun interlokal sehingga kedepan nya usaha kopi ini di serahkan ke BUMDES untuk dikelolah seoptimal.mungkin agar bisa mencetak Pendapatan asli desa’ujar nya.

Abdul Jasim Ishak Kades Pasui Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang yang baru 1 periode menjalani tampuk pemerintahan Desa inovasi serta kerja nyata terukir di benak nya untuk di implementasikan melalui program dana desa demi kemajuan desa nya .
Dana desa dan Add nya sejumlah 1,2 Milyar tahun 2023
Memiliki 5 dusun jumlah penduduk nya 2900 kk 900 wajib pilih 1900, walaupun jumlah penduduk nya terbilang tinggi namun dana Desa nya kecil hanya 700 juta saja untuk membiayai segala kebutuhan masyarakat sesuai juknis DD.
(Ani Hasan)

Catatan Redaksi : Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: lintaslimaterkini@gmail.com Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *