Tingkatkan Imunitas Tubuh, Personel Kotis Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Laksanakan Vaksinasi Booster di Perbatasan

Lintasnews5terkini.com | Sanggau – Sebanyak 50 personel pos Kotis Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns melaksanakan program Pemerintah berupa vaksinasi booster jenis AstraZeneca bertempat di Puskesmas Entikong Desa Entikong, Kec. Entikong, Kab. Sanggau.

Hal ini dikatakan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangannya di Makotis Entikong, Kab, Sanggau. Rabu (16/02/2022).

Dansatgas mengatakan program ini salah satu bentuk upaya lanjutan dari vaksinasi primer atau dosis penuh bagi 1 kali atau 2 kali suntik tergantung jenis vaksinnya. Vaksinasi booster ialah upaya mengembalikan imunitas dan proteksi klinis yang menurun di populasi yang ditemukan berdasarkan hasil sero survei.

Bacaan Lainnya

Vaksin ini bekerja sesuai dengan namanya, yaitu untuk meningkatkan respons kekebalan tubuh terhadap patogen tertentu setelah menerima dosis vaksin awal. Pada dasarnya, ada dua skenario yang membuat seseorang membutuhkan vaksin booster untuk penyakit COVID-19, yaitu untuk memperpanjang perlindungan pasca vaksin sebagai langkah penguat dan mencegah penularan dari varian virus corona yang telah bermutasi, ucap Dansatgas.

“Personel Satgas Pamtas sebagai Garda terdepan harus melindungi diri dari penyebaran covid-19 terutama varian omricon, salah satunya adalah dengan vaksinasi booster ini,” ujar Dansatgas.

Di tempat yang sama dokter Fajri selaku Dokter Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns mengatakan dari sisi kesehatan, setidaknya terdapat 3 alasan penting perlunya vaksinasi booster ini. Pertama, adanya kecenderungan penurunan jumlah antibodi sejak 6 bulan pasca vaksinasi 1 dan 2, terutama di tengah kemunculan varian-varian covid-19 baru termasuk varian Omicron. Kedua, sebagai bentuk usaha adaptasi masyarakat hidup dimasa pandemi COVID-19 demi kesehatan jangka panjang. Dan ketiga, memenuhi hak setiap orang Indonesia utk mengakses vaksin demi perlindungan diri dan komunitas.

“Dalam kegiatan vaksinasi ini selain personel Satgas Pamtas juga terdapat personel dari instansi lain yang bertugas di PLBN Entikong sebagai prioritas penerima vaksin booster guna melindungi dalam pelayanan terhadap masyarakat perbatasan,” ucap dokter.

Sumber : Pen Satgas Pamtas 643

Catatan Redaksi : Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: lintaslimaterkini@gmail.com Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *