Perkuat Kemampuan Menulis ASN, PPSDM Kemendagri Regional Bandung Gelar Webinar Menulis Itu Mudah

Lintasnews5terkini.com | Sumedang – Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Regional Bandung menggelar webinar seri #10 bertajuk “Menulis Itu Mudah!”, Rabu (2/3/2022). Webinar ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan menulis Aparatur Sipil Negara (ASN), khususnya memberikan pemahaman dan pengetahuan dalam menghasilkan manuskrip atau karya tulis yang produktif dan bermanfaat.

Kepala PPSDM Kemendagri Regional Bandung Belly Isnaeni dalam sambutan pembukaannya menyampaikan, melalui kegiatan menulis, seseorang bisa menyampaikan hal-hal yang tak bisa disampaikan secara ucapan. Misalnya menyampaikan rasa sayang dan cinta kepada orang lain secara lebih romantis bisa disampaikan melalui tulisan dibandingkan dengan kata-kata langsung.

Bacaan Lainnya

“Melalui tulisan, kita dapat menyampaikan informasi penting kepada khalayak ramai, membentuk opini publik, menginspirasi orang lain serta menyampaikan hal-hal yang tidak bisa disampaikan secara lisan,” katanya.

Webinar tersebut menghadirkan narasumber Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Masyarakat dan Budaya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Alie Humaedi yang berpengalaman di bidang penelitian atau riset. Profesor berambut gondrong ini merupakan inspirasi bagi kawula muda. Pasalnya, pada Tahun 2020, ia dikukuhkan menjadi profesor riset ke-140 secara nasional di usia 42 tahun. Selain itu, pada usia 36 tahun atau sekitar 8 tahun menjadi ASN telah mampu menduduki Jabatan Peneliti Ahli Utama Golongan IV/ e bidang kajian budaya.

Alie menjelaskan, ilmu pengetahuan menaikan derajat para ilmuwan. Untuk itu, kewajiban studi dan pencapaian karier dengan ikhtiar menulis yang baik, benar, sistematis dan komprehensif perlu terus dilakukan. Menulis itu mudah baginya merupakan komitmen dari niatan dan kemauan keras.

Acara ini merupakan salah satu acara dari serangkaian webinar seri yang diselenggarakan PPSDM Regional Bandung dan diikuti lebih dari 1.000 peserta. Sebelumnya, telah berlangsung beberapa webinar dengan tema berbeda seputar isu-isu pengembangan SDM Aparatur ataupun isu penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Hal ini pula yang terus mendorong PPSDM Regional Bandung bersama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri untuk terus menyelenggarakan berbagai agenda, seperti seminar, workshop, Focus Group Discussion (FGD) dan berbagai upaya pengembangan kompetensi lainnya.

Sumber : Puspen Kemendagri

Catatan Redaksi : Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: lintaslimaterkini@gmail.com Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *