Ramlah Rara, Duta Baca Sulawesi Selatan 2023, Sukses Membawa Semangat Literasi ke Dataran Tinggi Gowa

Gowa, lintasnews5terkini– Dalam rangka membumikan literasi di Sulawesi Selatan, Ramlah Rara, Duta Baca Sulawesi Selatan 2023, berhasil melaksanakan program Jappa Jappa Literasi (Perjalanan Literasi) dan Silaturahmi Pada Sekolah, Komunitas, Rumah Baca, Masyarakat di Dataran Tinggi Kecamatan Tinggimoncong Parigi Tombolopao Kabupaten Gowa pada tanggal 24-26 Mei 2024.

Program ini merupakan bagian dari upaya Ramlah Rara sebagai inspirator, penggerak, relawan, dan motivator di Sulawesi Selatan untuk meningkatkan minat baca dan menumbuhkan semangat literasi di masyarakat.

Kegiatan dimulai dengan silaturahmi bersama masyarakat dan pemuda Karang Taruna Kecamatan Tinggimoncong, yang juga melibatkan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Gowa. Ramlah Rara juga melakukan silaturahmi dengan senior pengurus Karang Taruna Kabupaten Gowa, Bapak Ahmad Pidris Zain Daeng Sisila Karaeng Je’ne Berang, yang merupakan mantan ketua umum kedua sekaligus pelaku sejarah dan budaya.

Bacaan Lainnya

Pada hari kedua, Ramlah Rara melaksanakan Jappa Jappa Literasi di SDN 02 Malino. Kehadirannya disambut dengan hangat oleh para guru dan siswa yang antusias dan aktif berpartisipasi.

Ibu Rabiah, Kepala Sekolah SDN 02 Malino, menyampaikan rasa bahagianya atas kedatangan Ramlah Rara dan mengungkapkan, “Kami sangat bersyukur dengan kedatangan Duta Baca Sulawesi Selatan 2023. Anak-anak sangat senang dan menyambut meriah, bahkan ada yang mengira Duta Baca adalah guru baru.”

Setelah kegiatan di sekolah, Ramlah Rara melanjutkan kegiatan di Kecamatan Parigi. Ia mengunjungi Komunitas Rumah Baca Gamacca Bawakaraeng dan berinteraksi dengan masyarakat, serta menghadiri Majelis Taklim dan TK/TPA Masjid Attaqwa di Dusun Kalolo Desa Manimbahoi.

Ramlah Rara disambut dengan antusias oleh masyarakat dan diberikan kesempatan untuk memberikan sambutan kepada mereka. Dalam sambutannya, Ramlah Rara menekankan pentingnya kolaborasi antara orang tua, pengajar/tenaga pendidik, komunitas/penggerak, dan pemuda dalam menyebarkan semangat literasi dan mengatasi permasalahan literasi di Desa Manimbahoi.

Pada hari ketiga, Ramlah Rara melanjutkan kegiatan di Kecamatan Tombolopao. Ia mengunjungi Perpustakaan Pondok Ilmu di Dusun Bahoturungang Desa Mamampang. Bapak Hilman, Pendiri Perpustakaan Pondok Ilmu dan penggerak literasi Kecamatan Tombolopao, merasa bersyukur karena Ramlah Rara dapat mengunjungi daerah ujung Kabupaten Gowa yang memiliki medan yang cukup menantang.

Ia berharap kunjungan ini bukanlah yang terakhir dan mengungkapkan, “Kami sangat bersyukur karena Ramlah Rara, pemuda asal Gowa dan Duta Baca Sulawesi Selatan 2023, dapat berkunjung ke rumah baca kami. Kami banyak berdiskusi dan saling memberikan masukan tentang persoalan literasi dan cara memecahkannya.”

Jappa Jappa Literasi ini memberikan banyak inspirasi dan pelajaran bagi Ramlah Rara, Duta Baca Sulawesi Selatan 2023. Kegiatan ini berhasil mengisi semangatnya dalam mengunjungi 24 Kabupaten Kota di Sulawesi Selatan.

Ramlah Rara berharap dapat mengunjungi semua pelosok Sulawesi Selatan, terutama daerah yang membutuhkan penggerak literasi dan dapat berkolaborasi dengan penggerak literasi dan pemangku kebijakan.

Dengan misi menebarkan inspirasi melalui gerakan kecil literasi, kegiatan ini diharapkan dapat menjaga awal gerakan yang berkelanjutan dan terus menyemangati satu sama lain.

Catatan Redaksi : Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: lintaslimaterkini@gmail.com Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *