Masuk 3 Besar Calon Dirut RS Haji dan Kadinkes Sulsel, dr. Darwis Makka Siap Berikan Yang Terbaik

Makassar, Lintas5terkini.com – Nama dr. Darwis Makka kini masuk dalam 3 besar kandidat Dirut RS Haji dan Kadis Kesehatan Provinsi Sulsel, dari hasil lelang jabatan bulan lalu.

Kepada awak media Darwis Makka mengatakan, jika dirinya diberi amanah oleh Gubernur Sulawesi Selatan, maka salah satu program yang akan dilaksanakan adalah program inovasi, digitalisasi data kesehatan di Sulsel yang akurat, transparan, ter update, dan menjamin sinergitas pelayanan kesehatan ke semua RS yang ada di Sulsel dan pusat pelayanan primer serta menjadikan BLUD RS dan PKM menjadi BLUD yang efisien, sinergi dan mandiri.

Berdasarkan penelusuran informasi, Darwis Makka adalah seorang mantan Direktur Rumah Sakit RSUD Padjonga Dg Ngalle yang berhasil membawa RSUD di Kab.Takalar tersebut meraih predikat Utama Bintang 4.

Bacaan Lainnya

Predikat Utama Bintang 4 adalah penghargaan yang diberikan oleh KARS (komisi akreditasi rumah sakit) yang merupakan sebuah lembaga independen yang ditunjuk oleh kemenkes untuk melakukan penilaian akreditasi Rumah Sakit di seluruh indonesia.

Predikat akreditasi bintang 4 ini sangat membanggakan Pemda Takalar, karena sudah 8 tahun RS HPN belum punya status akreditasi, sehingga ancaman pencabutan ijin operasional rumah sakit dari Kemenkes bisa terhindarkan.

Setelah pindah dari Takalar Darwis Makka dipromosikan ke Pemprov Sulsel menjadi Wakil Direktur Pelayanan RSUD Labuang Baji tahun 2020 sampai akhir 2021, selanjutnya menjadi penanggung jawab covid Asrama Haji Sudiang dan siap bersama dengan tim untuk mengatasi wabah pandemik covid 19 varian Omicron.

Namun sebelum menjabat sebagai direktur RSUD H. Padjonga Dg Ngalle, Kabupaten Takalar dari tahun 2018 sampai 2019, Darwis Makka diberi amanah untuk memimpin rumah sakit di Kabupaten Buton Selatan.

Setelah berhasil menyelesaikan kuliahnya, Darwis Makka pun memulai kariernya pada tahun 2000 sebagai pegawai tidak tetap (PTT) Depkes RI Sulawesi Tenggara.

Dan sejak itu Pula, Darwis Makka diberi kepercayaan sebagai pelaksana tugas (PLT) Kepala Puskesmas Mawasaka sampai pada tahun 2001, selain itu, Darwis Maka juga mulai tercatat sebagai salah seorang dokter umum di Puskemas Wajo Bau-bau.

Di tahun yang sama pada 2006 silam, Darwis Makka melanjutkan pendidikannya dengan mengambil jurusan dokter spesialis Mata, dan berhasil menyelesaikannya pada tahun 2011.

Di tahun yang sama pula, Darwis Makka juga berhasil menyelesaikan pendidikannya sebagai Magister Kesehatan Masyarakat di Universitas Hasanuddin.

Setelah itu, melanjutkan sebagai dokter spesialis mata RSUD BauBau, karier Darwis Makka terus meroket, tahun 2015 dirinya diberi amanah untuk menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Buton Selatan hingga Tahun 2018.

Bukan hanya itu, selain diberi amanah sebagai Kadis Kesehatan Buton Selatan mulai pada bulan Juli 2015 ,sampai Januari 2018, Darwis Makka juga diberi amanah tambahan mulai bulan Januari 2016 sebagai Plt direktur RS Buton Selatan.

Lalu pada bulan Juli 2018 Darwis Makka kembali pulang kampung untuk mengabdi, yakni sebagai Dirut RSUD Padjonga Dg Ngalle Kabupaten Takalar sampai Juli 2019, tapi meskipun hanya mengabdi selam 1 tahun, Darwis Makka ternyata mampu membawa banyak perubahan, termasuk salah satunya adalah akreditasi Bintang 4.

Selain itu, Darwis Makka juga berhasil melakukan penataan managemen RS sehingga RS Takalar menjadi BLUD yang mandiri dengan pemasukan PAD sekitar 90 M saat itu, masalah kebersihan dan keamanan, serta gedung dan sarana alat alat kesehatan dan penunjang lainnya semakin dilengkapi

Setelah berkarier dari Pemda Takalar, saat ini dokter Darwis makka melanjutkan berkarir di Pemprov Sulsel sebagai dokter ahli madya.

Beradasarkan rilis yang diterima media ini, Darwis Makka juga ternyata memiliki segudang pengalaman dalam bidang organisasi, diantaranya, Pernah aktif di IPM Cabang Botolempangan Gowa Tahun 1985 -1991, aktif di AMPI Gowa 1989 -1991 sebagai anggota, Wakil Bendahara Pramuka Abbulo Sibatang Tahun 1989.

Kemudian Aktif di HIPMA GOWA Komisariat UNHAS 1992 dan IMM Komisariat FK Unhas tahun 1992 – 1999. Ketua PMI Kabupaten Takalar 2018- 2019 dan Ketua Garda Nusantara Kabupaten Gowa Sampai Sekarang.

Selain memiliki segudang pengalaman organisasi, Darwis Makka juga tercatat pernah meraih beberapa piagam penghargaan,

Diantaranya dokter Teladan oleh Pemkab Buton, Dokter Teladan Pemkab Gowa, Setia Lencana 10 Tahun oleh Presiden RI.

Selain itu, Darwis Makka juga tercatat aktif mengikuti berbagai diklat yang diselenggarakan oleh Balai kesehatan, di antaranya Diklat TOT Manajeman terpadu balita sakit tahun 2003 hingga Diklat jabatan fungsional di Makasar tahun 2005.

“Kalau saya dikasih kepercayaan inshaa Allah saya akan memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk masyarakat Sulawesi Selatan pada khususnya,” pungkasnya, Selasa (8/2/22).

(Husain Jallo)

Catatan Redaksi : Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: lintaslimaterkini@gmail.com Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *