Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Alauddin Makassar Selenggarakan Workshop Literasi Beragama

Gowa, lintasnews5terkini– Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar mengadakan workshop literasi beragama dengan tema “Penerapan Jurnalisme Islam dalam Mewujudkan Moderasi Beragama”. Kegiatan ini berlangsung di Lecture Theatre (LT) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar pada Senin, 20 Mei 2024.

Workshop ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan II Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Dr. Rahmawati Haruna, SS., M.Si. Acara ini dihadiri oleh peserta dari dua jurusan, yaitu Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) serta Jurnalistik.

Prof. Normah Mustaffa, seorang dosen di Universiti Kebangsaan Malaysia sekaligus pemateri utama, membawakan materi berjudul “Kewartawanan Islam vs Kewartawanan Warga: Kepentingan Literasi Media dalam Menangani Berita Palsu”. Dalam materinya, Prof. Normah menekankan pentingnya literasi media untuk menciptakan pengguna media yang mahir, kritis, dan bertanggung jawab.

Bacaan Lainnya

“Literasi media penting untuk membantu pengguna media menjadi mahir, kritis, dan bertanggung jawab. Selain itu, literasi membantu kita menghindari berita palsu dan membangun masyarakat yang lebih berpengetahuan dan terampil,” ujar Prof. Normah.

Ia juga menambahkan bahwa memahami konsep literasi media sangat penting dalam menerima dan menyebarkan informasi.

“Konsep literasi media sangat penting bagi kita dalam menerima dan menyebarkan informasi kepada khalayak. Kita harus bijak dalam menyaring informasi yang kita terima di era overload informasi,” tutupnya.

Workshop ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya literasi media dalam mewujudkan moderasi beragama dan membantu mengatasi tantangan berita palsu di era digital.

Citizen Reporter: Ahmad Hayullah

Catatan Redaksi : Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: lintaslimaterkini@gmail.com Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *