Melalui Dialog Interaktif, Polda Papua Ajak Masyarakat Papua Untuk Menjaga Laut

Jayapura, PapuaLintasnews5terkini.com | Hari Kamis (30/11/2023), Polda Papua melaksanakan program “Polisi Menyapa” di Stasiun LPP RRI Pro I Jayapura, dengan topik “Lindungi Laut Papua Guna Mewujudkan Ekonomi Bangkit, Indonesia Maju”.

Dialog tersebut menghadirkan dua narasumber utama yakni PS. Kanit Sisidik Subdit Gakkum Ditpolairud Polda Papua, Ipda Marthinus Alapadang, S.H., dan Kasi Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Papua, Jofortus Noriwari, S.St.Pi.,

Dalam sambutannya, Ipda Mathinus mengatakan Polda Papua sudah melakukan upaya-upaya beberapa capaian kinerja yang telah dilakukan oleh Direktorat Kepolisian Polda Papua dalam melaksanakan tugas pemeliharaan Kamtibmas dan penegakan hukum di wilayah perairan Papua.

Bacaan Lainnya

“Kami dalam melaksanakan tugas di wilayah perairan taluk memiliki pola penegakan hukum yaitu dengan langkah preemtif kemudian dengan preventif dan yang terakhir adalah represif,” ucap Ipda Marthinus.

Preemtif yakni salah tugas yang dilakukan untuk membangun kemitraan dan meningkatkan peran serta masyarakat untuk membantu Kepolisian perairan dalam menanggulangi dan mencegah segala bentuk pelanggaran hukum dan konflik di wilayah perairan.

“Sedangkan untuk preventif sendiri dilakukan dengan patroli rutin di wilayah-wilayah yang kami duga terdapat potensi terjadinya kerawanan pelanggaran,” ungkapnya.

Sementara itu, Jofortus Noriwari mengatakan sejak tahun 2010 pihaknya membentuk forum tindak pidana kelautan dan perikanan untuk menjadi wadah tempat berkumpul semua Instansi terkait.

“Setiap tahun kami duduk bersama untuk membahas permasalahan-permasalahan yang ada dan bagaimana langkah-langkah yang akan kita tangani bersama dan hasilnya sangat memuaskan bahwa angka tindak pidana di kelautan dan perikanan sampai dengan saat ini sudah mulai menurun,” tuturnya.

“Mari kita bersama manfaatkan potensi yang sudah Tuhan kasih untuk kita supaya ada keberlangsungan dalam pengolahan sumberdaya kelautan perikanan Provinsi Papua dan menjadi bagian juga dari hak milik anak cucu kita mari kita semua bersama menjaga potensi yang sudah ada ini,” imbuhnya.(*)

Catatan Redaksi : Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: lintaslimaterkini@gmail.com Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *